gravatar

Puisi Ucapan Valentine Jalaluddin Rumi

Valentine bentar lagi datang. Hari Valentine tentu nggak lepas dari kata-kata dan nada-nada penuh cinta. Cinta akan menjadi pencarian banyak orang. Bukan berarti Arjuna mencari cinta, sungguh aku bukan arjuna karena aku bukan siapa-siapa. Tolonglah aku yang sedang bingung karena kampanye damai yang penuh tanda tanya. Kampanye damai memang harus dilalui dengan hati penuh cinta. Apalagi bulan februari di mana ada hari valentine, dimana banyak orang memberi ucapan-ucapan cinta. SMS valentine yang penuh cinta pun akan banyak mengalir.

Ngomongin tentang cinta di hari valentine, daku teringat pada seorang sufi ternama yang bernama Jalaluddin Rumi. Melalui puisi-puisinya Jalaluddin Rumi menyampaikan bahwa pemahaman atas dunia hanya mungkin didapat lewat cinta, bukan semata-mata lewat kerja fisik. Untuk memahami dunia mungkin hanya melalui cinta. Cintalah yang akan membuatmu memahami dunia. Bukan dunia yang akan membuatmu memahami cinta, maka cintailah Cinta.

Inget Jalaluddin Rumi, aku jadi teringat pada kumpulan ebook pemberian pipi merah. Di kumpulan ebook hasil download tersebut, banyak kutemukan kumpulan puisi cinta Jalaluddin Rumi. Puisi-puisi cinta karya Jalaluddin Rumi kurasa bisa dipakai buat ngasih ucapan valentine, ataupun buat ngirim sms cinta buat kekasihmu tercinta.

Berikut ini beberapa puisi jalaluddin rumi yang bisa dipakai buat ucapan valentine.

Jika kau bukan seorang pecinta, jangan
pandang hidupmu adalah hidup.
Sebab, tanpa cinta segala perbuatan tidak
akan dihitung pada hari perhitungan
nanti.
Setiap waktu yang berlalu tanpa cinta, akan
menjelma menjadi wajah memalukan di
hadapan Tuhan.


_______________
Para Pecinta

Kepala-Mu pening karena aku.
Pukullah aku kalau begitu
Kau tahu aku tak ingin hidup tanpa diri-Mu
Bagiku lebih baik mati daripada pengusiran
ini
Demi Allah
yang membangkitkan kembali orang-orang
mati.
Sama sekali tak mungkin percaya aku
Bahwa Kau berpaling dari hamba-Mu
Selalu kukatakan ucapan yang dilontarkan
musuh-musuhku
Hanya rekaan dusta semata.
Kau jiwaku dan tanpa jiwaku
Bagaimana mesti hidup aku
Kau mataku tanpa Kau
Aku tak punya mata untuk melihat sesuatu.


________
Pernyataan Cinta

Bila tak kunyatakan keindahan-Mu dalam
kata
Kusimpan kasih-Mu dalam dada
Bila kucium harum mawar tanpa cinta-Mu
Segera saja bagai duri bakarlah aku.
Meskipun aku tenang, diam bagai ikan
Tapi aku gelisah pula bagai ombak dalam
lautan
Kau yang telah menutup rapat dalam bibirku
Tariklah misaiku dalam dekat-Mu.
Apakah maksud-Mu?
Mana aku tahu?
Aku hanya tahu bahwa aku siap dalam
iringan ini selalu.
Kukunyah lagi menahan kepedihan
Mengenangmu bagai unta memamah biak
makanan
Dan bagai unta yang geram mulutku
berbusa.
Meskipun aku tinggal bersembunyi dan tidak
bicara
Di hadirat kasih aku jelas dan nyata.
Aku bagai benih di bawah tanah
Aku menanti tiada musim semi.
Hingga tanpa napasku sendiri
Aku dapat bernapas wangi
Dan tanpa kepalaku sendiri
Aku dapat membelai kepala lagi.
[membujuk yang tercinta)


________
Rahasia kegilaan adalah sumber akal.
Seorang dewasa gila karena cinta.
Ia yang bersama Hatinya seribu kali lebih
kuat dari dirinya sendiri


_______
Mati tanpa cinta adalah kematian yang
terburuk dari segala kematian.
Tahukah mengapa tiram bergetar?
Tentu karena mutiara


_________
Cinta Tuhan terangi hati dan jadikan para
pecinta terjaga sepanjang malam.
Wahai kawan, jika kau seorang pecinta
jadilah seperti lilin.
Larut di sepanjang malam, membara hingga
pagi datang!
Dia bagai cuaca beku di musim panas,
bukanlah seorang pecinta. Di tengah
musim panas, hati seorang pecinta
membakar musim gugur.
Wahai kawan, jika kau pendam cinta yang
ingin kau nyatakan teriaklah seperti
seorang pecinta! Tapi jika kau
terbelenggu nafsu, jangan nyatakan
sesuatu pada cinta.


_________
Pilihlah cinta.
Ya cinta!
Tanpa manisnya cinta, hidup ini adalah
beban.
Tentu engkau telah merasakannya.


Itu tadi beberapa puisi cinta karya Jalaluddin Rumi. Cocok banget buat ngucapin ucapan valentine maupun sms valentine.
Ngomong-ngomong tentang cinta. Ya Cinta! Tanpa manisnya cinta, kampanye pemilu 2009 adalah beban. Dengan cinta, kampanye akan terasa manis karena rasa cinta para caleg terhadap masyarakat indonesia. Cinta yang memberi kekuatan untuk terus bergerak.

Bagaimana dengan kompetisi SEO Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009? Tanpa cinta, mungkin akan sangat lelah untuk terus menerus belajar SEO untuk mengejar kampanye pemilu 2009 dengan damai, tanpa baku tembak dan baku hantam kata kunci Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009.

Bagi yang mau ngedonlot ebook berisi puisi-puisi Jalaluddin Rumi, daku sediakan ebook puisi jalaluddin rumi. Lumayan buat nyari inspirasi ucapan sms valentine.

Ebook Puisi Jalaluddin Rumi:
Puisi Jalaluddin Rumi 1
Puisi Jalaluddin Rumi 2
Puisi Jalaluddin Rumi 3
Puisi Jalaluddin Rumi 4
Puisi Jalaluddin Rumi 5
Puisi Jalaluddin Rumi Pernyataan Cinta
Puisi Jalaluddin Rumi Para Pecinta



Related Posts:



Share
gravatar

makasih mas puisinya...
saya baru blajar blogging nech...
mohon bantuannya yah...

de-jantan.blogspot.com

ramein ya mas...~x(

gravatar

Ini entri yang menarik. Terima kasih sudah berbagi cerita. Kalau mau belajar lebih banyak lagi tentang Cinta, baca artikel Butir-Butir Cinta di blog saya. Salam kenal, sobat.

Lex dePraxis
Romantic Renaissance

gravatar

apa yang jadi pemikiran hingga valentin dan jalaludin rumi? karya jalaludin rumi makna filosofis yang mendebu. kenapa valentin? apa valentin itu sendiri? coba cari dulu hubungan muatan falsafah dari keduanya? terutama valentin. kalo hanya sekedar sorak valentin tanpa rujukan lalu dijalani, apakah beda dengan mendengar hewan sedang bicara. bertolak belakang sangat jauh dengan karya jalaludin rumi.

gravatar

@bang nasruddin...bener banget bang

gravatar

puisi2 yg sangt dalm penuh makna

gravatar

puisinya bukan buat valentine...

gravatar

yang di katakan rumi tentang cinta bukan seperti ucapan di hari valentin yang g ada makna nya dan bualan ,karna yang di bicarakan oleh rumi tentang kecintaan nya kepada yang esa

gravatar

mas kaji dulu puisi-puisi rumi,jgn asal posting aj..cinta rumi bukan untuk manusia..tapi untuk tuhan..masa anda mo samain manusia dengan tuhan..belajar yang banyak mas biar ga salah,atau tnya dulu sama yang ngerti..

gravatar

bro maaf nie sbelumnya.... puisi rumi jga buat manusia .. agar paham mana yg namanya cinta sejati ma cinta nafsu birahiii bro.... ,makanya renungin dlu diolah dlm hati dn dirasakn dgn penuh cinta yg ikhlas yach...!!!!!!!!

gravatar

karna hati tu luas..... makanya manusia hrs menyelam kedalam hati ...yg luas biar tau isinya,jd dia bsa tau sendiri... pa yg nmanya mnsia.. dn pa yg namanya tuhan..dn tau yg namanya cinta sejati y.... biar g ...katanya org lakukanlah dengan ikhlas...

Categories