Sunday, June 1, 2008

Search Engine Optimization (catatan dari Workshop SEO di FMIPA UGM)

Banyak aspek yang mempengaruhi agar web kita mendapat peringkat yang bagus di Search Engine. Dari Workshop SEO yang diselenggarakan himakom, berikut ini beberapa triks dari Workshop Himakom yang saya rangkum:

  1. Pemilihan Keyword

    Pemilihan keywords kutulis di baris paling atas karena menurutku, inilah permulaan yang palin vital dalam SEO. Kenapa? Karena bagaimanapun kita optimalisasi, kalau ternyata kita memilih keywords yang kurang tepat, it is nothing. Perumpamaannya gini:

    Kita akan membangun sebuah toko (perumpamaan untuk website). Tentunya, kita harus terlebih dahulu menentukan apa produk yang akan kita jual (perumpamaan untuk isi web). Walaupun kita sudah membangun toko yang megah dengan pelayang super seksi dan menarik, namun jika produk yang kita jual tidak banyak dicari oleh konsumen, tentunya pengunjung toko kita pun sedikit.

    Selain memilih produk yang banyak dicari konsumen, kita juga harus mempertimbangkan banyak hal, seperti seberapa banyak saingan kita. Walaupun kita menjual produk yang sold out, namun jika banyak saingannya super banyak,tentunya toko kita g bisa seramai yang kita harapkan.

    Jadi intinya kita harus menentukan keyword yang most wanted namun sedikit saingan. Di antara jutaan rangkaian kata, pastilah ada kata yang banyak dicari namun sedikit saingan. Mutiara memang banyak dicari banyak orang. Mutiara pun keberadaannya sangat sedikit. Gimana sih cara mencari mutiara itu? Silakan baca artikel 1001 Jurus Memilih Kata Kunci

  2. Optimalisasi keyword

    Nah, tadi kita sudah membangun toko dan juga menentukan apa isi toko. Hmm,,tentunya kita harus menempatkan produk-produk kita agar bisa dilihat konsumen (dalam hal ini konsumen merupakan analogi dari pengunjung web dan juga mesin pencari). Apa saja yang dapat kita lakukan?

    Mari kita lihat ke toko-toko besar di sekeliling kita. Ketika kita masuk ke gerbang toko, di sana sudah terpampang beberapa papan yang bertuliskan beberapa barang yang dijual. Nah, papan itu tentunya mempermudahkan kita menuju barang yang kita cari. Di dalam toko pun tentu banyak kita temukan papan-papan petunjuk. Selain papan, kita juga dapat menemui para pelayang toko yang selalu menyejukkan mata dan juga dengan senang hati menuntun kita menuju ke barang yang kita cari. Inilah yang dinamakan internal links. Link yang ada di dalam website kita sendiri yang akan mengantarkan ke halaman yang ingin pengunjung lihat. Nah, pemilihan anchor texts yang akan kita jadikan sebagai internal link ini juga harus tepat. Pemasangan link pun juga butuh strategi khusus. Bagaimana strategi pemilihan dan pemasangan internal links? Silakan baca artikel Strategi pemilihan dan pemasangan link internal.

    Hmm,,sebelum kita menuju toko, tentunya kita melewati jalan raya dan toko-toko yang lain. Nah, tentu dapat kita lihat banyak spanduk, banner, leaflet, papan iklan, dan juga iklan-iklan lain yang akan menuntun kita menuju toko yang kita cari. Bahkan kadang di toko yang lain, kita dapat menemukan leaflet atau iklan yang menunjukkan tempat dimana toko yang kita cari berada. Itulah pentingnya external links. Tentunya link eksternal itu akan sangat menguntungkan kita karena pengunjung pun akan sangat mudah mengetahui keberadaan website kita. Lalu, kadang-kadang kan ada toko yang menyediakan tempat di dalam tokonya untuk toko lain yang ingin iklan. Ada yang gratis ada yang bayar. Tentu kita jadi berpikir, kenapa ada yang memberi ruang gratis untuk toko lain. Tentu itu sangat bermanfaat. Coba simak cerita ini.

    Bowo membeli roti di toko roti A. Ketika dia membayar di kasir, bowo melihat sebuah poster yang mengatakan bahwa ada toko B menjual berbagai baju super duper keren. Nah, bowo pun tertarik. Ketika di kampus, bowo menceritakan hal itu pada teman-temannya. Namun, ketika temannya menanyakan hal yang mendetail tentang toko B, bowo pun mengatakan," Lihat aja poster yang ada di toko A". Maka, teman-teman Bowo yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang toko B, mereka datang dulu ke toko A untuk melihat poster.

    Itulah manfaat kita memasang link yang menuju website lain. Pemilihan anchor texts untuk link eksternal juga harus diperhatikan. Bagaimana trik dan tips memasang link eksternal? Simak saja di artikel Tips dan Trik Pemasangan Link Eksternal.

  3. Optimalisasi Feeds

    Hmm,,, maaf belum sempat menulis optimalisasi feeds.

2 comments:

  1. banyak versi ni ttg tips SEO dan ndak akan habis dibahas kelihatannya.selalu menarik. main ya ke gudang hikmahku di http://newmasgun.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. ikutan belajar, kasih komen blogku juga ya..

    ReplyDelete